Selasa, 11 Desember 2007

Bahaya Diabetes Melitus Tipe II

Diabetes atau sakit gula adalah penyakit yang berbahaya karena menimbulkan banyak komplikasi, diantaranya yang paling ditakuti adalah kerusakan pembuluh darah otak atau Stroke.

Penderita Diabetes dapat mengalami stroke bila terlambat mendapat pengobatan. Stroke banyak dialami oleh penderita diabetes yang disertai beberapa penyakit dan atau kebiasaan berikut :

· Penyakit darah tinggi/ Hipertensi
· Dislipidemia/kelainan kadar lemak darah
· Merokok
· Penyakit Jantung Koroner

Komplikasi lain adalah Kerusakan Ginjal atau Nefropati, yang berakibat pada rusaknya fungsi ginjal ditandai dengan pembengkakan bagian tubuh seperti kelopak mata dan kaki bagian bawah, sulit atau jarang kencing, batuk lama, dan sesak nafas karena penumpukan cairan tubuh. Bila ginjal sudah tidak berfungsi sama sekali maka terpaksa harus cuci darah untuk membuang kotoran yang ada dalam darah.

Komplikasi berikutnya menyerang mata atau Retinopati. Kerusakan pada mata yang dapat menyebabkan kebutaan dan mempercepat timbulnya Glaukoma dan Katarak. Komplikasi terakhir dan yang paling sering terjadi adalah Neuropati atau kerusakan saraf terutama pada telapak kaki. Dimulai dengan adanya kemerahan, rasa hangat dan peenbalan telapak kaki, diikuti rasa kesemutan dan baal, bila penderita tidak segera berobat untuk mengontrol kadar gula darah maka dapat timbul luka yang sulit sembuh dan bukan tidak mungkin pada akhirnya perlu di amputasi.


Sumber : Standard of Medical in Diabetes– 2007
American Diabetes Association (ADA)
diterbitkan dalam Buletin Klinik Sriwijaya edisi II/12/07

2 komentar:

ms. insani mengatakan...

malam dok,,

saya sgt tertarik dgn topik diabetes yg dokter tampilkan di blog anda.
Saya mau tanya nih dok..kira2 efek diabetes tipe 2 apakah sangat berpengaruh terhadap keseharian di tempat kerja..karena kemarin saya melakukan medical check up untuk sebuah pekerjaan (di bank asing) dan ternyata saya divonis diabetes tipe 2? saya jadi takut jangan2 saya tidak diterima gara2 saya mengidap diabet. fyi dok, orangtua saya tidak mengidap penyakit ini sebelumnya.

terimakasih buat jawaban dokter..

Indrakus mengatakan...

terima kasih bu mba atas komentarnya,
Diabetes bukan halangan bagi seseorang untuk produktif.diabetes yang terkontrol dengan baik tidak akan memberikan banyak hambatan dalam kehidupan sehari-hari,tapi memang akan memberikan beban tunjangan kesehatan yang lumayan bagi perusahaan.
faktor genetik hanya sebagaian dari penyebab penyakit ini,sebagian yang lain adalah kebiasaan dan lingkungan.
4 pilar penanganan diabetes adalah, memahami diabetes itu sendiri, pengaturan diet, olahraga dan obat. segeralah cari dokter keluarga yang cocok untuk memulai pengobatan anda.

Semoga Allah memberi anda kesembuhan