Kamis, 28 Februari 2008

Caca Update



os bayi perempuan usia 11 bulan, datang dengan Keluhan utama berat badan susah naik sejak 6 bulan terakhir. saat ini berat badan 7,2 kg, susu menggunakan susu kedelai kira-kira 500 ml/hari, sudah mulai makan nasi lembek, buah, biskuit dan bubur bayi instan, pola makan tidak teratur dan sulit makan (makan tidak pernah habis).
saat ini sudah mulai di tatah, dan ngoceh, tapi belum ada gigi yang tumbuh. kadang kadang berkeringat saat tidur malam hari, kontak TB paru dewasa aktif (-).
os memiliki alergi susu sapi, saat ini tidak mengkonsumsi obat-obatan, status imunisasi lengkap,
os lahir spontan di rumah sakit, berat lahir 2600 kg, panjang 46, cukup bulan.
pada pemeriksaan fisik, ditemukan benjolan di daerah leher-tengkuk, keras, terfiksasi pada kulit,ukuran <1 cm, nyeri tekan (-) eritema (-)

Diagnosis Kerja : gangguan pertumbuhan e.c suspek TB anak

Rencana Diagnostik : Tes Mantoux

Rencana Terapi :-

( ya Allah bila seandainya penyakit ini membawa kebaikan untuknya dan agamanya maka kami akan tabah menerima, dan bila penyakit ini membawa keburukan untuknya dan agamanya maka jauhkanlah dan hilangkanlah darinya, sungguh Engkau maha mengetahui segala sesuatu, dan menguasai apa-apa yang ada di bumi dan di langit, hanya kepada Mu kami meminta dan kepada Mu lah tempat kami kembali )

2 komentar:

Esti Handayani mengatakan...

Dok, gimana bisa suspect TB kalo gak ada kontak dengan penderita TB?
Plot ke growth chart dulu. Trend-nya bagaimana? Bapak Ibunya tinggi besar, atau mungil seperti Caca?
Kemudian, alergi susu sapi bukannya juga alergi soya? Bagaimana diagnosis alergi susu sapi itu muncul?
Kenapa pakai manakan instan? Kan ada pengawetnya? Bukannya lebih bagus homemade?

Saran saya sih, plot ke growthchart dulu dok, kalo emang trend-nya di presentil yang sama, berarti dia sehat. Kalo cenderung turun, cek urine rutin dan kultur dulu, untuk menyingkirkan kemungkinan ISK.

indrakus mengatakan...

memang tidak ada kontak, cuma ada kemungkinan dari lingkungan (saya tinggal di pemukiman padat,baca gang), juga ada kemungkinan dari pembantu dirumah, yang belum disingkirkan ada tidaknya TB, dan tentu juga mungkin dari saya sendiri, waktu sekolah dulu sudah pasti terpapar pasien TB,jelas saya sudah terinfeksi, tapi tidak sakit.

memang sih TB saya cuma 168,istri lebih kecil lagi, BB istri tidak sampai 50 sedang saya sudah 75 kg.

alergi susunya bisa di lihat di post saya yang lain dalam label keluarga

tidak semua alergi susu sapi,alergi soya juga loh

lebih bagus home made memang, saya akui, kita pakai kadang pakai instan karena harus kompromi dengan situasi

kalau menggunakan KMS usia 12 bulan,minimal 7,2 kg memang, sedang bila pakai CDC punya sudah di bawah persentil yang paling bawah

ISK memang salah satu diagnosis banding, saya akan kearah sana kalau TB bisa disingkirkan,kan kita musti fikirkan dulu penyakit yang paling parah.

anyway makasih masukannya ya bu esti,